Saturday, 18 May 2013

Karakteristik dan Kaidah Soal

KARAKTERISTIK SOAL
Karakteristik Soal Benar-Salah
- Terdiri atas dua kelompok pernyataan (Pilihan (B-S) dan Respons)
- Jumlah huruf B-S sama banyak dengan jumlah pernyataan-pernyataan
- Hal yang ditanyakan homogen dari segi isi
- Terbatas mengukur kemampuan mengidentifikasi informasi sederhana
  (menghubungkan dua hal yang homogen)
- Dapat menggunakan gambar, tabel/diagram
- Bentuk soal yang berupa pernyataan
- Untuk mengukur kemampuan mengidentifikasi kebenaran pernyataan fakta,
  konsep, prinsip, definisi

Karakteristik Menjodohkan Soal
- Terdiri atas dua kelompok pertanyaan (stimulus/premis-respons) yang
  pararel
- Kelompok satu (kiri) merupakan bagian yang berisi dari soal-soal yang harus
  dicari jawabannya
- Kelompok dua (kanan) merupakan bagian yang berisi jawaban soal-soal
- Stimulus/premis berupa kalimat/phrasa
- Respons yaitu pernyataan jawaban/respons berupa kata, bilangan,
  gambar/symbol
- Jumlah soal dan jawaban sama, lebih baik lagi jika jumlah jawaban lebih
  banyak dari jumlah soal

Karakteristik Soal Pilihan Ganda
- Penggunaan yang luas
- Tepatnya untuk ujian yang pesertanya sangat banyak, sedangkan hasilnya
  harus segera diumumkan
- Terdiri atas pokok soal san sejumlah kemungkinan jawaban
- Kalimat perintah, kalimat tanya/kalimat tidak lengkap
- Tidak ada aturan baku jumlah alternatif jawaban
- Memiliki satu jawaban yang benar atau paling tepat
- Struktur pilihan ganda terdiri dari:
  • Pernyataan-pernyataan yang berisi permasalahan
  • Sejumlah pilihan jawaban
- Jawaban benar dan yang paling tepat satu
- Distraktor/pengecoh

Karakteristik Soal Jawaban Singkat
- Menuntut peserta tes memberikan jawaban singkat
- Jawaban singkat berupa kata, frase, nama tempat, nama tokoh, lambang
  atau kalimat yang sudah pasti
- Soal yang menghendaki jawaban yang dapat dinilai benar-salah, dibuat
  dalam bentuk kata: bilangan, kalimat, simbol
- Untuk mengukur pengetahuan yang berhubungan dengan istilah: terminologi,
  fakta, prinsip, metoda, prosedur, penafsiran yang sederhana

Karakteristik Soal Melengkapi
- Terdiri atas susunan kalimat dari bagian-bagian yang sudah dihilangkan
- Bagian-bagian yang hilang itu diganti oelh titik-titik yang harus diisi oleh
  testee
- Kelebihannya antara lain sangat mudah dalam penyusunannya, lebih
  menghemat tempat, persyaratan komprehensif dipenuhi, dapat digunakan
  untuk mengukur berbagai taraf kompetensi
- Kekurangannya antara lain cenderung mengungkap daya ingat atau aspek
  hafalan saja, butir-butir item tes model ini kurang relevan untuk diajukan,
  tester kurang berhati-hati dalam menyusun kalimat dalam soal.

KAIDAH SOAL
Kaidah Soal Benar-Salah
- Hindarkan pernyataan yang sangat umum
- Hindarkan pernyataan yang berlebihan
- Hindarkan pernyataan negatif ganda
- Soal hendaknya tidak menjurus pada jawaban tertentu
- Jumlah soal BENAR harus sama dengan jumlah soal SALAH
- Hindari menggunakan kata kadang-kadang
- Usahakan agar kalimat tidak terlalu panjang
- Susun pernyataan benar-salah secara acak

Kaidah Soal Menjodohkan
- Sesuai dengan indikator
- Jumlah respon (jawaban) lebih dari jumlah stimulus/premis (pertanyaan)
- Pernyataan yang panjang diletakan pada sebelah kiri dan pernyataan yang
  lebih pendek diletakkan di sebelah kanan
- Butir soal dan pilihan jawaban pada satu halaman
- Penggunaan nomor (premis yang terdapat di sebelah kiri/atas harus
  menggunakan angka (1,2,3,...) sebelah nomor butir soal dan respon yang
  terdapat di sebelah kanan/bawah menggunakan abjad (a,b,c,...)
- Pilihan jawaban berbentuk angka disusun berurutan dari besar ke
  kecil/sebaliknya
- Penggunaan EYD
- Petunjuk pengerjaan jelas dan mudah dipahami
- Hendaknya materi yang ditujukan berasal dari hal yang sama (homogen)
- Usahakan agar pertanyaan dan jawabannya mudah dimengerti

Kaidah Soal Pilihan Ganda
- Sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
- Pilihan jawaban berfungsi, homogen dan logis
- Tiap soal memiliki satu jawaban benar/paling benar
- Pokok soal dirumuskan secara jelas dan tegas
- Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang
  diperlukan saja
- Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar
- Pokok soal jangan mengandung pernyataan negatid ganda
- Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya terdapat dalam soal harus
  jelas dan berfungsi
- Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
- Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di
  atas salah” atau “Semua pilihan jawaban di atas benar”
- Pilihan jawaban berbentuk angka/waktu harus disusun berdasarkan urutan
  besar kecilnya nilai angka/kronologis waktu
- Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya
- Setiap soal harus menggunakan bahasa sesuai EYD
- Menggunakan bahasa komunikatif
- Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat
- Pilihan jawaban jangan mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu
  kesatuan pengertian

Kaidah Soal Jawaban Singkat
- Rumusan butir soal sesuai dengan kemampuan (kompetensi dasar dan
  indikator)
- Rumusan butir soal harus menggunakan bahasa yang baik, kalimat singkat
  dan jelas sehingga mudah dipahami
- Jawaban yang dituntut oleh butir berupa fakta, frase, angka, simbol, tahun,
  tempat, dan sejenisnya harus singkat dan pasti
- Rumusan butir soal tidak merupakan kalimat yang dikutip langsung dari
  suatu buku
- Hindari rumusan butir soal yang mengandung petunjuk kepada kunci jawaban
- Butir soal dalam bentuk kalimat belum lengkap, bagian yang dikosongkan
  maksimum dua untuk satu kalimat
- Pernyataan hendaknya mengandung hanya satu kemungkinan jawaban yang
  dapat diterima

Kaidah Soal Melengkapi
- Materi
  • Soal harus dengan indikator
  • Materi yang diukur sesuai dengan tuntutan bentuk isian

- Konstruksi
  • Pernyataan disusun sedemikian rupa, sehingga jelas jawaban yang
    diharapkan
  • Hindarkan petunjuk ke arah yang benar
  • Susunlah pertanyaan yang dapat mempermudah penskorannya
  • Hindarkan peryataan-pernyataan yang kurang tegas
  • Susunlah soal dengan pernyataan berita
  • Usahakan hanya ada satu jawaban yang benar
  • Hindarkan pernyataan yang terlalu banyak dihilangkan. Sebuah soal yang
    terlalu banyak dihilangkan sukar diketahui apakah sebenarnya hal yang
    diukur. Pernyataan yang dihilangkan adalah benar-benar bentuk kata atau
    frasa yang merupakan kunc jawaban dan bukan hal-hal yang memang tidak
    penting
  • Hindarkan pernyataan yang diambil langsung persis sama dengan di dalam
    buku pelajaran
  • Tempat jawaban yang disediakan untuk setiap soal harus sama
    panjangnya
  • Dalam menyusun soal yang memerlukan jawaban rincian perlu disusun
    secara berurutan (alfabetis jawabannya). Hal ini untuk memudahkan
    pemerikasaannya.
  • Daftarlah semua kemungkinan jawaban yang benar. Hal ini simaksudkan
    untuk mempersiapkan jawaban benar yang tidak terduga dari siswa
  • Berilah nomor pada tiap-tiap tempat jawaban. Hal ini untuk memudahkan
    penilaiannya

- Bahasa/budaya
  • Bahasa soal harus komunikatif dan disesuaikan dengan jenjang pendidikan
    peserta didik
  • Gunakan bahasa Indonesia baku
  • Soal tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu

0 komentar:

Post a Comment

Tolong kasih masukan...